Akademi Telkom Jakarta melaksanakan kegiatan surveillance Audit II untuk ISO 9001:2015. Kegiatan ini berlangsung pada Senin-Selasa, 21-22 Januari 2020.

Opening meeting diawali oleh Auditor Bapak Nana Sukmana dari badan sertifikasi Bureau Veritas yang menjadi mitra akademi Telkom. Juga dihadiri oleh pejabat structural, Tim ISO dan seluruh kepala Unit.

Audit surveillance (pemantauan) ini wajib dilakukan satu tahun sekali terhdap instansi yang telah bersertifikat ISO. Akademi Telkom Jakarta sendiri telah memperoleh Sertifikat ISO 9001:2015 pada 31 Mei 2018, hal ini sebagai bentuk pengakuan bahwa Akademi Telkom Jakarta telah menerapkan system manajemen mutu ISO dengan baik.

Tujuan dari Surveillance ini untuk membuktikan bahwa kegiatan implementasi sistem manajemen mutu yang berdasar ISO 9001:2015 telah dijalankan di lingkungan kampus Akademi Telkom Jakarta.

Direktur Akademi Telkom Jakarta menuturkan bahwa kegiatan ini sangat baik bagi institusi karena ini adalah bagian dari continual improvement dan audit ini bisa membuktikan komitmen dan peran serta seluruh karyawan/dosen/kepala unit dalam menjalankan standar ISO.

Implementasi ISO diharapkan mampu menghadirkan pengelolaan kampus yang customer utamanya adalah mahasiswa menjadi lebih baik lagi. Terlebih sekarang ISO telah mengeluarkan standar baru khusus untuk Pendidikan.

Rahmadi, SE., M.Ak selaku Kepala penjaminan mutu juga telah mempersiapkan untuk upgrade system mutu dari 9001:2015 ke standar ISO 21000:2018 khusus Pendidikan pada tahun mendatang.

Setelah pelaksanaan surveillance dilaksanakan selanjutnya penyampaian hasil audit dan segera menindaklanjuti jika ada temuan ataupun saran dari auditor. [rah]