Akademi Telkom Jakarta siap Implementasi ISO 21001:2018
2 November 2020 15:48

Pendidikan yang berkualitas dapat dilihat dari penyampaian layanan Pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa sebagai peserta didik. Ada banyak cara yang dapat dilakukan organisasi Pendidikan untuk mengefektifkan pembelajaran dan memastikan bahwa mahasiswa mendapatkan kualitas yang mereka harapkan, salah satunya dengan implementasi Standar ISO 21001:2018 untuk manajemen organisasi Pendidikan. 

Standar ISO 21001:2018 merupakan Standar baru dan akan segera diterapkan di Akademi Telkom Jakarta. Sebelumnya Akademi Telkom Jakarta telah implementasi ISO 9001:2015 untuk sistem manajemennya. Ada beberapa hal yang berbeda dari kedua standar ini, Yang spesial dari standar ISO 21001:2018 ini adalah sasaran yang dinginkan, yaitu:  

  1. Persyaratan dari peserta didik, penerima manfaat lainnya, staf (tenaga pendidik dan tenaga kependidikan) dan pelanggan terpenuhi; 
  2. Interaksi dengan pihak terkait akan lebih intens. 

Poin dua pada sasaran ini tidak terdapat pada ISO 9001, dampaknya akan ada penyesuaian kebijakan manajemen dalam penerapannya. 

Langkah awal dalam Tahapan Implementasi dan sertifikasi di akademi Telkom Jakarta adalah Gap analysis. Pada tahap ini Lembaga Penjaminan Mutu Akademi Telkom Jakarta melakukan penelitian Gap Analysis untuk menentukan langkah-langkah apa yang perlu diambil untuk berpindah dari kondisi saat ini ke kondisi yang diinginkan atau keadaan masa depan yang diinginkan. Gap analysis ini membandingkan dengan penerapan Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan yang sudah ada. 

Langkah analisis ini dengan memberikan indikator pada setiap klausul dan memberikan skor penentu untuk mengetahui kesenjangan secara jelas. 

Maksud dari gap analysis ini adalah untuk menganalisis kondisi Akademi Telkom Jakarta existing yaitu menggunakan Sistem mutu ISO 9001:2015 dan membandingkannya dengan kondisi yang diinginkan, yaitu ISO 21001:2018. Agar dapat diketahui kesiapan Akademi Telkom Jakarta untuk sertifikasi ISO khusus Pendidikan. 

Tujuan yang diinginkan dari gap analysis ini adalah mengetahui kekurangan/kelebihan sistem mutu Akademi Telkom Jakarta untuk dilakukan perbaikan. 

Hasil akhir perhitungan persentase analisis kesiapan dengan menggunakan Gap analysis ini adalah Akademi Telkom mendapat nilai rata-rata sebesar 85,24%. Artinya Akademi telkom Jakarta termasuk dalam range perhitungan siap melakukan sertifikasi. Sedangkan pada proses pelaksanaan masih belum konsisten, artinya masih perlu perbaikan yang tidak signifikan. 

Berikut rekap nilai dari Gap analysis Persentase hasil penilaian tiap klausul 

Hasil ini menjadi acuan dalam perbaikan dan kesiapan untuk implementasi maupun sertifikasi ke depan. Langkah awal di atas adalah agar program peningkatan sistem manajemen di lembaga Anda dapat terlaksana secara efektif dan efisien. 

Langkah selanjutnya adalah membangun dokumentasi dan prosedur yang ter standarisasi serta sosialisasi ke seluruh civitas academica agar aware terhadap sistem mutu ISO. Prosesnya memang tidak instan, perlu komitmen, komunikasi yang baik, monitoring dan evaluasi yang menyeluruh pada setiap prosesnya. 

 

 

@LPM2020 

Kontak Kami
Akademi Telkom Jakarta
©2020, Akademi Telkom Jakarta.
Kontak
+62(21)5451697
+6281382334009
sekretariat@akademitelkom.ac.id
FacebookYoutubeInstagram
Lokasi Kampus
Jalan Daan Mogot KM.11, RT.1/RW.4, Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11710
Buka Map