Tim Innovillage Dynamic Digital Learning on Site Desa Bantarujeg
10 November 2020 10:38

Pada Hari Senin, tanggal 2 November 2020 kemarin, tim Innovillage “Dynamic Digital Learning (DDL) Sebagai Solus Pembelajaran di masa Pandemi Covid-19” dengan Dosen Pembimbing Ade Rahmat Iskandar, M.T. dan Ketua tim Innovillage DDL Aditya Bagus Putra Erlangga, anggota Fajar Dwi Sulistyo dan Bowi Bintang Pamungkas mendatangi secara on site SMUN 1 Bantarujeg dan Desa Bantarujeg sebagai domain program Innovillage dari PT. Telkom Indonesia dan Lemdikti YPT Telkom.

Pada sambutannya, Kepala Sekolah SMUN 1 Bantarujeg Bapak Rostiyani, M.Pd. menyambut baik program innovilage sehingga dapat membantu para Guru di SMUN 1 Bantarujeg mendapatkan teknik pembuatan pembelajaran digital yang menarik.

lebih lanjut dalam sambutannya Ade Rahmat Iskandar, M.T. menjelaskan beberap program dari Riset, Inovasi dan Abdimas yang ada di Akademi Telkom Jakarta dan implementasinya dalam kontribusi dalam berbagai bidang terutama di lingkup Information Communication and Technology (ICT) termasuk implementasi program Abdimas dalam bentuk Innovillage dari Telkom Indonesia di SMUN 1 Bantarujeg dan Desa Bantarujeg.

Program Innovillage merupakan program yang dirintis oleh Telkom Indonesia dan Lembaga Pendidikan Tinggi (Lemdikti) Telkom dalam hal ini (Telkom University, Akademi Telkom Jakarta, IT Telkom Purwokerto dan IT Telkom Surabaya) untuk memberikan kontribusi bagi Desa dimana para mahasiwa dari Lemditki Telkom tersebut berada untuk memberikan kontribusi dalam penyebaran ilmu baik konsep dan implementasi teknis, dimana pendanaan yang diberikan, 100% di cover dari Telkom Indonesia.

Ade Rahmat Iskandar lebih lanjut menjelaskan insha Allah akan dibuatnya e-Learning SMUN 1 Bantarujeg, untuk membuat Learning Management System (LMS) mandiri secara dinamis sebagai media pembelajaran bagi para Guru dan Siswa yang berjumlah 1.200an siswa di SMU N 1 Bantarujeg, selain itu para Guru pun insha Allah akan diajarkan cara membuat Weblog, pembutan Youtube Chanel masing-masing guru, manajemen kelas dengan Edmodo*, pembuatan konten video pembelajaran digital menggunakan OBS dan Bandicam.

Ade Rahmat Iskandar menjelaskan dan bersyukur bahwa tim mahasiwa yang dibimbingnya dapat masuk 16 besar dari posisi 100 besar proposal yang didanai oleh Telkom Indonesia. data total profosal yang masuk menurut panitian dari Telkom Indonesia sejumlah 301 profosal. Pembimbing berharap bahwa Aditya Bagus Putra Erlangga selaku developer dapat membuatkan aplikasi dinamais bagi desa bantarujeg berkoordinasi dengan kolega di Telkom Group dalam mengatasi permasalahan koneksi jaringan internet, dan sarudara Bowi Bintang Pamungkas dapat memberikan sharing ilmuanya sebagai video creator profesional serta saudara Fajar yang memiliki kemampuan baik dalam mensingkronisasi dari program yang diintergrasikan oleh kedua rekannya.

Tim Dynamic Digital Learning akan melaksanakan programnya di SMUN 1 Bantarujeg, SMK Alfarisi, SMPN 1 Bantarujeg dan MTS Nurul hikam Bantarujeg dan kantor Desa Bantarujeg. Adapun untuk desa Bantarujeg sebagai desa dengan kluster mandiri akan dibuatkan website dinamis oleh saudara Aditya selaku Ketua Tim DDL. program ini akan dilaksanakan Insha Allah dari tanggal 2 s.d 30 November 2020. Pesan dari Pembimbing Keep healty dan menerapkan 3M (Pakai masker, Menjaga jarak dan sering mencuci tangan) dan bersosialisasi secara sopan santun dan hormat pada para Guru maupun warga masyarakat di Bantarujeg.

Kontak Kami
Akademi Telkom Jakarta
©2020, Akademi Telkom Jakarta.
Kontak
+62(21)5451697
+6281382334009
sekretariat@akademitelkom.ac.id
FacebookYoutubeInstagram
Lokasi Kampus
Jalan Daan Mogot KM.11, RT.1/RW.4, Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11710
Buka Map