Pengumuman Hasil UI GreenMetric 2020
23 Januari 2021 19:13

UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Kini, UI GreenMetric of World Universities semakin mendunia dan semakin banyak diikuti oleh perguruan tinggi di berbagai negara. Pada tahun ini, jumlah peserta mencapai 912 universitas dari 84 negara di dunia, bertambah dari sebelumnya (2019) sebanyak 780 Perguruan Tinggi dari 85 negara. Beberapa negara yang baru bergabung di tahun 2020 adalah Kuwait, Lithuania, dan Belarusia. Di Indonesia, terdapat 88 Perguruan Tinggi yang telah berpartisipasi dalam UI GreenMetric. Penilaian UI GreenMetric 2020 dilandasi atas tiga pilar, yakni Lingkungan hidup, Ekonomi, dan sosial dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15%), Energi dan Perubahan Iklim (21%), Pengelolaan Sampah (18%), Penggunaan Air (10%), Transportasi (18%), serta Pendidikan dan Riset (18%).

Dalam sambutannya, Menteri Riset dan Teknologi Indonesia Bambang Brodjonegoro mengapresiasi inisiatif UI melalui UI GreenMetric yang menjadi lembaga pemeringkatan pertama dan satu-satunya dari Indonesia yang melibatkan ratusan perguruan tinggi di dunia. Selain itu, Menteri Bambang Brodjonegoro juga mendukung inisiatif UI GreenMetric yang membuat pemeringkatan berdasarkan komitmen dan tindakan nyata atas penghijauan dan keberlanjutan lingkungan. Senada dengannya, Dirjen Dikti Prof. Nizam mengapresiasi inisiatif UI GreenMetric yang menjadikan perguruan tinggi sebagai pusat pendorong pembangunan yang berkelanjutan. Menurutnya, dengan adanya pemeringkatan ini, perguruan tinggi akan semakin terpacu untuk menjadi pusat pengembangan dan pembangunan lingkungan hidup yang berkelanjutan demi planet, bumi dan seluruh penghuninya.

Pada kesempatan yang sama, Wamen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong menyebutkan bahwa UI GreenMetric menjadi terobosan besar dari perguruan tinggi yang menunjukkan perhatiannya pada lingkungan. Wamen Alue Dohong juga mengapresiasi parameter pemeringkatan kampus berkelanjutan UI GreenMetric yang menjadi sangat strategis di dalam mengelola lingkungan dan bumi yang perlu dijaga.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro menyampaikan, “Tahun ini kita mengalami disrupsi dalam kehidupan normal kita dengan adanya pandemi COVID-19. Selama 10 bulan kita banyak belajar tentang pandemi ini dan betapa pentingnya hidup di lingkungan yang bersih, sehat dan lestari. Di sisi lain, pandemi ini juga memberikan kita kesempatan untuk merefleksikan dan mendefinisikan ulang cara kita mengelola perguruan tinggi serta dampak kegiatan kampus kita bagi lingkungan hidup, sosial dan ekonomi masyarakat di sekitar kita, dan di Indonesia. Saya gembira banyak perguruan tinggi dunia maupun di Indonesia yang antusias berpartisipasi dalam pemeringkatan ini. Hal tersebut menunjukkan semakin banyak perguruan tinggi yang menjadikan aspek lingkungan hidup dan keberlanjutan secara lebih serius. UI GreenMetric World University Rankings Network juga menunjukkan bahwa kolaborasi, saling belajar, berbagi dan bekerja sama secara nasional maupun global mampu mewujudkan kampus yang lebih lestari dan keberlanjutan lingkungan.”

Alhamdulillah tahun ini (2020), Akademi Telkom Jakarta menduduki peringkat ke 66 Nasional dari 88 Perguruan Tinggi yang telah berpartisipasi dalam UI GreenMetric dan peringkat 816 rangking dunia dari 912 Perguruan Tinggi. Dengan mengikuti UI Green Metric, semoga kampus Akademi Telkom Jakarta ini senantiasa terus berupaya menciptakan atmosfer atau suasana kampus yang menyejukan dan menyenangkan bagi para mahasiswa, pegawai maupun stakeholder dalam kehidupan kampus.

Kontak Kami
Akademi Telkom Jakarta
©2020, Akademi Telkom Jakarta.
Kontak
+62(21)5451697
+6281382334009
sekretariat@akademitelkom.ac.id
FacebookYoutubeInstagram
Lokasi Kampus
Jalan Daan Mogot KM.11, RT.1/RW.4, Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11710
Buka Map