Audit Sertifikasi ISO 21001:2018 Akademi Telkom Jakarta
5 Februari 2021 19:5

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Akademi Telkom Jakarta Kembali melakukan kegiatan Main audit ISO 21001:2018 bersama PT. Bureau Veritas. Main Audit ini sebagai kelanjutan dari Initial audit yang sudah dilaksanakan sebelumnya dan mendapat rekomendasi untuk melanjutkan pada tahapan Main Audit atau Audit Sertifikasi. Kegiatan ini dilakukan secara daring selama dua hari tanggal 21 dan 22 Januari 2021 dan dilakukan keseluruh ke unit-unit terkait. Kegiatan ini dimulai dengan opening meeting oleh Auditor Bapak Joko Prayitno untuk menyampaikan agenda dan jadwal audit selama dua hari ke depan. Top Manajemen dan tim LPM adalah yang pertama dilakukan audit untuk melihat kebijakan dan komitmen Institusi dalam memberikan mutu dan kualitas pelayanan yang terbaik untuk mahasiswa dan stakeholder. Unit selanjutnya yang diaudit adalah Program Studi dan Laboratorium, yang ingin dilihat dari unit ini adalah produk Pendidikan apa saja yang di realese kepada mahasiswa mulai dari penyiapan kurikulum hingga proses yudisium sedangkan laboratorium khusus proses praktikum yang di delivered kepada mahasiswa.

Berlangsung hingga siang acara break dan lanjut ke unit Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), di sini auditor menanyakan yang berkaitan program LPPM dan pencapaiannya pada tahun 2020 serta target ditahun 2021. Berikutnya sebagai auditee unit Sistem Informasi (SISFO). Pada unit SISFO hal yang menjadi perhatian adalah Persyaratan terkait operations dan preventive maintenance sistem informasi. Selain itu juga Persyaratan terkait penyimpanan dan back up data dalam bentuk softcopy. Kemudian dari Unit perpustakaan yang disoroti adalah pelayanan perpustakaan secara online, karena saat ini mahasiswa tidak bisa ke kampus untuk datang ke perpustakaan. Demikian audit dari hari yang pertama.

Lanjut dihari yang ke dua. Unit yang diaudit adalah Bagian Administrasi Akademik (BAA), hal yang dilihat yaitu proses kegiatan belajar mengajar dimana hal ini menjadi inti proses bisnis yang disertifikasikan. Selanjutnya unit Bagian Administrasi Kemahasiswaan (BAK), dimulai dari kegiatan mahasiswa, Praktik Kerja lapangan, hingga tracer Alumni menjadi hal utama di audit kali ini. Unit Bagian Administrasi Umum (BAU) juga dilihat sejauh mana supportnya kepada seluruh unit dalam hal Sarana dan Prasarana Pendidikan, sumber daya Manusia terkait dengan Pegawai dan dosen, serta pelayanan pembayaran biaya kuliah oleh mahasiswa. Unit terakhir yang diaudit adalah unit penerimaan mahasiswa baru dan Hubungan kepada Masyarakat (PMB & Humas). Pada unit ini hal dibahas adalah seputar seleksi calon mahasiswa baru, proses pemberian beasiswa, dan Kerja sama institusi dalam hal Pendidikan, penelitian maupun praktik kerja Lapangan (PKL) mahasiswa di dunia industri.

Catatan auditor dari kegiatan ini terdapat sembilan Opportunity for Improvement (OFI) dan ada satu Non conformity (NC), auditor menyampaikan harapan dari audit ini adalah walaupun secara umum system manajemen mutu Pendidikan di Akademi Telkom Jakarta telah berjalan dengan baik tetap harus dilakukan improvement dari sistem mutu Pendidikan dan pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa. Karena bagaimanapun ISO 21001:2018 ini memang fokusnya pada mahasiswa dan stakeholder yaitu pihak pemerintah, dunia industri dan dunia usaha, serta orang tua mahasiswa. Maka dari itu, tim LPM akan terus mengawal manajemen sistem mutu Pendidikan di Akademi Telkom Jakarta ini menjadi lebih baik lagi. Dengan bekal ISO 21001:2018 yang telah diimplementasikan juga menjadi modal manajemen dalam rencana Akademi Telkom Jakarta berubah bentuk menjadi Institut Teknologi Telkom Jakarta (ITTJ) dalam waktu dekat.

Setelah kegiatan ini berakhir, tim dari akademi telkom Jakarta akan segera melakukan perbaikan, follow up dari OFI dan NC akan ditindaklanjuti maksimal dua pekan setelah audit dilaksanakan.

Kontak Kami
Akademi Telkom Jakarta
©2020, Akademi Telkom Jakarta.
Kontak
+62(21)5451697
+6281382334009
sekretariat@akademitelkom.ac.id
FacebookYoutubeInstagram
Lokasi Kampus
Jalan Daan Mogot KM.11, RT.1/RW.4, Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11710
Buka Map