p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p p CISCO Training Registration Information : Akademi Telkom Jakarta open registration Cisco Certification Class, contact : Mr. Suyatno, 087874298477, Email : suyatno_budiharjo@yahoo.co.id or Cisco Online Registration

  [ :: Summary of Akademia :: ]  
 
 
 
  [ :: NEWS :: ]  
 


Siap Ikuti Trend Berbagi Tempat Tinggal? Simak Tipsnya!



 

Posted by teamserumah on 2016-02-2   sewa bareng

Berbagi tempat tinggal merupakan tren terbaru, terutama di kota metropolitan seperti Jakarta dan sekitarnya. Biaya hidup yang semakin tinggi, serta ketakutan tinggal sendiri di kota besar menjadi pemicu berkembangnya tren ini. Karena itu, banyak yang kemudian memilih untuk berbagi tempat tinggal ketika mereka memutuskan untuk tinggal di wilayah seperti JABODETABEK.

Sebagai Ibukota Indonesia, tidak heran jika Jakarta memiliki daya tarik tersendiri yang memikat bagi warga dari luar daerah maupun warga asing atau WNI. Jakarta berperan penting dalam pertumbuhan perekonomian negara serta telah menjadi wadah bertemunya berbagai perusahaan internasional. Itulah mengapa, sangat mudah untuk menemukan ekspat atau para pekerja asing. Selain itu, munculnya banyak kantor pusat perusahaan internasional berkualitas mengakibatkan tersedianya lowongan pekerjaan yang memancing keinginan para pendatang dari daerah untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik di ibukota. Inilah alasan utama mereka datang secara berbondong-bondong di satu waktu, terutama setelah Lebaran atau Idul Fitri. Tidak heran, tren berbagi tempat tinggal seperti apartemen, mulai berkembang pesat.

Selain itu, banyak institusi pendidikan tinggi terbaik yang terletak di wilayah Jakarta dan sekitarnya, baik institusi negeri maupun swasta. Di sinilah berkumpulnya para mahasiswa dan tunas muda berprestasi yang berperan penting dalam pembangunan negeri ini.

Bagi kalangan pekerja keras ini, baik mahasiswa maupun eksekutif muda, berbagi tempat tinggal merupakan keputusan yang bijak agar dapat bertahan hidup, karena selain dapat mengurangi beban biaya hidup, ini juga merupakan cara untuk mendapatkan teman baru. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk berbagi tempat tinggal.

1. Temukan housemate yang tepat

Ketika berbagi tempat tinggal, tentunya kita akan menghabiskan waktu yang banyak dengan housemate di tempat yang sama, karena itu penting untuk menemukan housemate atau teman berbagi sewa yang tepat. Tidak ada seorangpun yang ingin memiliki momen awkward bersama teman tinggal. Tidak ada juga yang namanya housemate yang sempurna, yang ada hanyalah housemate yang tepat atau yang cocok. Karena itu, bisa dibilang mencari housemate bukanlah hal yang mudah. Meskipun begitu, menemukan housemate yang terbaik merupakan hal yang sangat penting, dan bukanlah hal yang tidak mungkin. Berikut beberapa tips untuk menemukan housemate yang paling cocok.

-       Coba kunjungi forum online atau berbagai media sosial. Buat thread atau pembicaraan baru, mengenai pencarian housemate. Sertakan preferensi secara jelas. Contohnya; dicari housemate umur 19-25, lelaki/perempuan, dicari apartemen di Sudirman, dan sebagainya. Dengan begitu, pengguna forum lainnya yang kemungkinan memiliki preferensi yang sama bisa dengan mudah menjawab iklan tersebut.

-       Cara lainnya yaitu mencari thread dengan deskripsi yang sesuai dengan preferensimu. Baca berbagai peraturan mereka, dan jika sudah sesuai, tinggal hubungi pemasang iklan tersebut!

-       Salah satu cara termudah, kunjungi website khusus pencarian housemate dan kamar sewa. Seperti Serumah.com yang memberikan opsi sortir yang cukup lengkap, seperti persamaan budget, tingkat kebersihan, sikap, dan sebagainya. Website ini tentunya bisa membantumu menemukan housemate yang sesuai dengan preferensimu.

 

Setelah menemukan beberapa kandidat, jangan takut untuk memperjelas berbagai ekspektasi dan peraturan (jangan lupa, biaya sewa!). Bahas setiap detail dengan calon housemate sehingga bisa menentukan sesuai atau tidaknya mereka dengan apa yang dibutuhkan. Bersikaplah baik dan jujur kepada calon housemate, meskipun statusnya masih merupakan orang yang asing bagimu. Jika mereka merasa diperlakukan dengan baik, maka sudah pasti mereka akan memperlakukanmu dengan baik, dan ini bisa menjadi awal terbentuknya hubungan baik di tempat tinggal bersama nanti.

2. Temukan tempat terbaik

Saat ini, sudah banyak tersedia opsi tempat tinggal baik rumah hingga apartemen dengan berbagai tipe dan rentang harga, sehingga kamu akan dimanjakan dengan berbagai pilihan. Meski begitu, mencari tempat terbaik serta sesuai dengan ekspektasi merupakan tantangan tersendiri. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan sebelum akhirnya memilih rumah atau apartemen tersebut sebagai tempat tinggal.

Lokasi berpengaruh

Sebagian besar orang, terutama kaum mahasiswa, profesional muda, dan kalangan ekspat, lebih memilih apartemen yang dekat dengan pusat aktivitas mereka. Seperti yang kita semua tahu, kemacetan sudah menjadi hal utama yang paling dihindari. Isu lalu lintas ini sepertinya sudah semakin parah dan salah satu solusi agar tidak terlambat sampai di kantor adalah berangkat jauh lebih awal. Solusi lainnya adalah memilih tempat tinggal yang dekat dengan kantor atau kampus. Dengan begitu, kita bisa menghemat waktu dan biaya, terutama jika jarak tempuh masih memungkinkan untuk berjalan kaki.

Soal standar

Ketika sudah memiliki beberapa pilihan, cari waktu khusus untuk melakukan survei. Pastikan spesifikasi tempat tersebut sudah sesuai dengan apa yang dicari. Perhatikan ukuran, ruang, perabotan, keamanan, serta kebersihan tempat. Sedikit tips untuk ekspat mengenai Adzan (panggilan beribadah bagi umat Muslim); apartemen yang tidak menghadap langsung ke mesjid mungkin bisa menjadi pilihan karena Adzan bisa terdengar sangat keras di pagi hari. Lalu, untuk para pecinta kebersihan, sebaiknya jangan pilih tempat tinggal yang menghadap langsung ke jalan raya, karena debunya sudah pasti menumpuk.

Jangan lupakan problem tahunan, banjir!

Banjir merupakan salah satu masalah sosial lainnya di Jakarta, selain polusi dan kemacetan. Saat musim hujan, banyak daerah di Jakarta yang akan mengalami banjir. Selama adanya genangan air dimana-mana, lalu lintas pun akan semakin padat dan macet.

3. Berhubungan dengan pemilik properti

Sebaiknya pahami dan ketahui betul para pemilik properti yang akan kita sewa. Salah satu cara terbaik adalah mendapatkan referensi dari sumber terpercaya, sehingga tidak perlu membuang waktu terlalu banyak mencari tempat serta pemilik yang tepat. Selain itu, jangan lupa untuk tetap lakukan berbagai survei untuk memastikan harga yang diberikan sesuai dengan properti yang ditawarkan.

4. Harga sewa berpengaruh

Harga sewa tentunya bisa bervariasi, tergantung pilihan tempat tinggal. Misalnya; apartemen dengan harga terjangkau, atau apartemen mewah yang berperabotan lengkap. Tentukan anggaran atau budget terlebih dahulu, lalu gunakan sebagai limit untuk menyortir beberapa opsi yang sesuai dengan rentang harga tersebut.

Jangan lupa, pemilik properti kemungkinan akan meminta biaya sewa 1-2 tahun untuk dibayar di muka. Tetapi, jika hanya akan tinggal untuk beberapa waktu, coba bicarakan dan bernegosiasi dengan pemilik properti mengenai biaya sewa. Meskipun bukan merupakan harga yang pasti, namun harga yang tercantum di atas bisa digunakan sebagai tolak ukur.

5. Preferensi

Jika efisiensi lokasi bukan dianggap hal utama ketika memilih tempat tinggal, maka sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu mengenai keunikan daerah yang akan dipilih sebagai tempat tinggal. Karena setiap daerah memiliki keunikan dan daya tariknya tersendiri. Misalnya mereka yang menyukai hiburan serta suasana ramai bisa mencari opsi tempat tinggal di Kemang. Beberapa lokasi lain yang termasuk daerah tempat tinggal favorit yaitu Menteng, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Depok, dan Kelapa Gading.

Setelah membaca berbagai tips di atas, sekarang saatnya untuk mulai mengikuti tren; mencoba berbagi tempat tinggal dan merasakan berbagai keuntungannya. Selamat mencoba! 


Berita Terkait :


"Banjir Jakarta" Paling Dicari di Google

Korban dan Pelaku Pemerkosaan Saling Menikmati?

Zuckerberg akan Berhenti Pimpin Facebook?

Marvel Umumkan Jadwal Rilis "The Avengers 2"

Ahmadinejad: Israel, Tumor yang Harus Dihancurkan

Fatima Nabil, Presenter TV Berjilbab Pertama di Mesir

Roy Suryo Menpora, SBY Dipertanyakan

Banjir Jakarta, Kerugian Ekonomi Capai Rp 1 Triliun

Dirgahayu Republik Indonesia ke 70

Mahasiswa Angakatan 14 & Kick Andy

 
 
 
 
Email : info@akademitelkom.ac.id
Copyright @ AkademiTelkom2012 All rights reserved
designed & developed by Suyatno
 
 
New Admission Information : Open Regular Class, please call : Mr. Ilham, 021-5451697, HP : 02170330000, Email : info@akademitelkom.ac.id