Event International Conference menjadi salah satu luaran yang harus diikuti oleh para Dosen untuk mengimplementasikan salah satu dari tri darma perguruan tinggi yaitu penelitian. Sebagaimana diketahui, bahwa Dosen memiliki tiga tugas utama yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Saat ini, tidak bisa dipungkiri kebanyakan para Dosen di perguruan tinggi lebih fokus pada komponen pengajaran dan pengabdian pada masyarakat saja, sedangkan dari sisi penelitian masih belum diberikan perhatian secara mendalam.


Perlu disadari bahwa Dosen adalah tenaga pendidik profesional yang mentrasnformasikan hasil penelitiannya untuk dimplementasikan dikehidupan masyarkat. Jadi, seyogyanyalah tugas utama Dosen alah melakukan penelitian, pengajaran dan pengabdian pada masyarakat. ketiga poin ini, intinya harus dapat diimplementasikan tergantung dari level jabatan akademik yang diampu oleh seorang Dosen (Asisten Ahli, Lektor, Lektor Kepala atau Guru Besar). Dari Lektor, Lektor Kepala dan Guru Besar, hendaknya penelitiannya harus dijalankan, minimum 40%, artinya publikasi pada Jurnal bereputasi (Sinta 3- Sinta 2), Jurnal yang terindeks Scopus, dan publikasi di International Conference terindeks (i.e: Scopus, IEEExplore, Elsevier, dll) harus sudah biasa dilakukan.

Alhamdulillah..salah satu International Conference bertajuk BICMST 2020 (Brawijaya International Conference on Multidisciplinary Sciences and Technology 2020) yang diselenggarakan tanggal 2 -3 Januari 2020 di Universitas Brawijaya sudah diikuti dan dipaparkan hasil penelitian sebagai Presenter oleh salah satu Dosen Akademi Telkom Jakarta. Penelitian yang dibuat dengan judul "Readiness for Measuring the Transformation of Higher Education Status". penelitian ini hasil kolaborasi Dosen Akademi Telkom Jakarta dengan Universiti Tun Hussein Onn, Malaysia, 86400 Parit Raja, batu Pahat, Johor dan Institut Teknologi Telkom Purwokerto.


Tampak dalam foto, kiri Ade Rahmat Iskandar, M.T. peneliti dari Akademi Telkom Jakarta, dan kanan Apri Junaidi, M.Kom., M.C.s (P.hD) kandidate dari Institut Telknologi Telkom Purwokerto.Pada even BICMST2020, teridiri dari beberapa keynote speaker diantaranya Prof. Gugus Irianto, Prof, Dr. Imam Santoso, Prof. DR, dr. Lokito  (Unviersitas BRawijaya), Dr. Edward (ITB), Akira P.hD, dan beberapa Keynote Speakker dari Amerika dan Norwegia.Publikasi dan Indeksasi dari BICMST akan diindeks Scopus, Index Copernicus International, Clarivate Analytics Web of Scinece dan IJITEE (International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering).