Opening Meeting Audit Mutu Internal ke-6 Akademi Telkom Jakarta Tahun 2020
6 Oktober 2020 13:5

Lembaga Penjaminan Mutu Akademi Telkom Jakarta melakukan perbaikan terus-menerus secara berkesinambungan untuk menjaga mutu dan kesesuaian unsur sistem mutu dengan standar yang telah ditetapkan. Dalam rangka perbaikan ini LPM melaksanakan kegiatan Audit Mutu Internal yang ke-6 pada tanggal 11-18 September 2020. Kegiatan audit ini diawali dengan opening meeting pada hari Jumat tanggal 11 September 2020 melalui virtual secara daring menggunakan aplikasi zoom. Acara ini dihadiri oleh tim Auditor dan seluruh civitas academica akademi Telkom Jakarta. acara ini dibuka oleh Lead audior bapak Rahmadi, SE., M.Ak.

Acara opening meeting Audit Mutu Internal ke-6 ini disampaikan beberapa agenda yaitu Lingkup Audit, tujuan, metode dan prosedur audit. Dalam pembukaannya, Rahmadi menyampaikan bahwa “Audit ini dilaksanakan secara rutin sesuai jadwal yang sudah disusun. Serta menjadi momen untuk mengevaluasi efektifitas dan efisiensi penerapan sistem manajemen mutu Pendidikan di lingkungan Akademi Telkom Jakarta dalam upaya continues improvement”.

Audit dilakukan dalam beberapa rangkaian mulai dari opening meeting, Audit stage 1, audit stage 2, Closing Meeting dan yang terakhir Monitoring Evaluasi.

Pada opening disampaikan Lingkup, tujuan, metode, prosedur dan konfirmasi jadwal antara auditor dan auditee. Lingkup audit meliputi seluruh pimpinan unit yang ada di Akademi Telkom Jakarta menjadi auditee. Tujuannya Melaksanakan verifikasi kesesuaian antara pelaksanaan dengan standar pendidikan tinggi dalam rangka mendapatkan rekomendasi ruang peningkatan mutu dan menjamin akuntabilitas berdasarkan praktik baik serta temuan atau ketidaksesuaian antara penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan standar pendidikan tinggi.

Tujuan Khusus

  1. Untuk memeriksa kesesuaian atau ketidak sesuaian pelaksanaan dan standar yang telah ditetapkan.
  2. Untuk memeriksa proses dan hasil proses pencapaian mutu sehingga dapat ditentukan keefektifan pencapaian dari tujuan yang telah ditetapkan (Indikator Kinerja Kunci).
  3. Untuk menyiapkan laporan kepada teraudit (auditee) sebagai dasar perbaikan mutu selanjutnya
  4. Untuk memberi kesempatan teraudit memperbaiki sistem penjaminan mutu.
  5. Untuk membantu institusi/program studi dalam mempersiapkan diri dalam rangka audit eksternal atau akreditasi

Metode audit dilakukan dengan dua kali yaitu stage 1 dan stage 2. Audit stage 1 merupakan verifikasi awal oleh auditor untuk Menyusun checklist. Sedangkan audit stage 2 secara umum dilakukan di lapangan untuk memastikan ketersediaan eviden. Setelah audit dilakukan maka tim auditor akan Menyusun laporan pelaksanaan audit dan disampaikan pada saat closing meeting, kemudian hasilnya akan disampaikan dan ditindaklanjuti oleh manajemen Akademi Telkom Jakarta.

LPM Akademi Telkom Jakarta

Kontak Kami
Akademi Telkom Jakarta
©2020, Akademi Telkom Jakarta.
Kontak
+62(21)5451697
+6281382334009
sekretariat@akademitelkom.ac.id
FacebookYoutubeInstagram
Lokasi Kampus
Jalan Daan Mogot KM.11, RT.1/RW.4, Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11710
Buka Map