Workshop Penulisan Buku Ajar/Teks dan Buku Monograf Akademi Telkom Jakarta
7 Oktober 2020 21:25

Workshop Penulisan Buku Ajar/Teks dan Buku Monograf Akademi Telkom Jakarta

Pada hari jumat Tanggal 7 Agustus 2020, Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Akademi Telkom Jakarta menyelenggarakan Workshop Penulisan Buku Ajar/Teks dan Buku Monograf untuk dipublikasikan di Penerbit Nasional bereputasi. Workshop ini selain dilaksanakan secara on site bagi para Dosen Tetap Akademi Telkom yang sudah mulai bekerja secara penuh dengan protap covid-19, event ini juga dilaksanakan live menggunakan media Zoom bagi para dosen mitra Akademi Telkom, diantaranya dari Telkom Unversity, ITTelkom Surabaya, STMIK Jabar, SMKN 48 Jakarta.

Pada event ini menghadirkan dua narasumber yaitu Dr. H. M. Soleh Hapudin penulis buku Manajemen karakter bagi Anak dan Ade Rahmat Iskandar, M.T. yang merupakan Dosen Akademi Telkom Jakarta. Pada paparanya Dr. Soleh menjelaskan pentingnya budaya menulis bagi para dosen, meskipun tulisan para Dosen tersebut masih sederhana, beliau pun memberikan beberapa pengalamanya selama meunlis buku karakter dan Pendidikan. Pada paparan yang disampaikan Ade Rahmat Iskandar, M.T. (Dosen Akademi Telkom Jakarta) memberikan sharing menjadi penulis dari tahun 2008 sampai saat ini. Ade Rahmat Iskandar sudah menulis buku-buku ilmu komputer diantaranya “Pemrogaman Visual Basic.Net 2005 dan Aplikasi Nyata dengan DBMS SQL Server 2005”, Penerbit Yrama Widya, 2008. Buku “Dasar-dasar Pemrograman dengan .NET”, penerbit Elex Media Komputindo (Gramedia group) tahun 2019, buku “Menguasai Pemrograman Berorientasi Objek”, penerbit Informatika, tahun 2020.

Pada paparanya Ade Rahmat Iskandar memaparkan konsep pembuatan buku Ajar/Teks dan buku monograf, pemafaran diberikan dengan memberikan contoh draft buku yang sudah diterima dan dipublikasikan di Penerbit Nasional Bereputasi. Untuk membuat buku Teks yang perlu dibuat manfaat dan relevansi dari tiap bab, capaian pembelajaran dan latihan soal pada tiap bab. Pada akhir acara, para peserta mendapatkan insight dalam memberikan pertanyaan dan sharing dengan narasumber. Dalam statement closing nya Ade Rahmat Iskandar menyampaikan menulislah, karena secara tidak langsung akan mendapatkan dua keuntungan Tangible berupa Royalti dan intangible berupa ilmu yang dibagikan kepada khalayak umum; dengan penyampaian ilmu tersebut semoga dapat menjadi jariyah bagi penulis atau pihak-pihak yang terlibat, di sisi lain pun, secara implisit nama Author dan Insitusi Akademi Telkom dan toward Institut Teknologi Telkom Jakarta akan semakin dikenal baik ditingkat nasional,,ayo menulis.

Kontak Kami
Akademi Telkom Jakarta
©2020, Akademi Telkom Jakarta.
Kontak
+62(21)5451697
+6281382334009
sekretariat@akademitelkom.ac.id
FacebookYoutubeInstagram
Lokasi Kampus
Jalan Daan Mogot KM.11, RT.1/RW.4, Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11710
Buka Map