Webinar Penulisan Proposal Doktoral di STEI-ITB
12 Oktober 2020 13:1

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta (Akademi Telkom Jakarta) pada tanggal 28 Agustus 2020 kemarin mengadakan Webinar Forum Group Discussion (FGD) sebagai ajang sharing Dosen Tetap Akademi Telkom dengan Peneliti atau Dosen dari Lemdikti YPTelkom maupun dengan beberapa Dosen dari Lemdikti lain. Pada webinar FGD ketiga tersebut, LPPM menghadirkan Dr. Inne Gartina Husein dari Telkom University yang merupakan alumni dari program Doktoral Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB dalam bidang Informatika.

Kepala Bagian LPPM Ade Rahmat Iskandar menyampaikan, even webinar FGD ini dimaksudkan sebagai bagian dari peningkatan darma dua (2) yakni penelitian bagi para dosen tetap di Akademi Telkom Jakarta, Webinar FGD sebelumnya sudah menghadirkan Apri Junaidi, M.Kom., M.Cs yang merupakan Ketua Kelompok keahlian Rekayasa Data IT Telkom Purwokerto, Cahyantari Eka Putri, M.T. (Wakil Direktur I Bidang Akademik Akademi Telkom Jakarta, sekaligus Dosen Tetap di Fakultas Elektro Telkom University) dan Ade Rahmat Iskandar, M.T. (Kepala LPPM Akademi Telkom Jakarta dan Penulis Buku-buku Ilmu Komputer) yang membawakan topik FGD “Data Science Series”.

Pada paparanya Dr. Inne menyampaikan Sharing dan Tips bagi calon Mahasiswa program S3 di STEI-ITB dari mulai paparan pentingnya melakukan penjajakan kepada para calon promotor di STEI ITB. Beberapa penjajakan sebelum masa pandemi covid-19 ini dapat dilakukan secara langsung bertemu para Profesor di STEI ITB. STEI ini adalah nama fakultas yaitu Sekolah Teknik Elektro dan Informatika di ITB yang membawahi beberapa program studi dari program Sarjana (S1), Pasca Sarjana (S2) dan Program Doktor (S3). Selain itu, Dr. Inne menjelaskan secara detail dari mulai cara mencari topik untuk kuliah di program S3 dengan mengambil sample untuk program Doktor di bidang Informatika di ITB, dilanjutkan dengan bagaimana cara membuat proposal awal sederhana untuk dibawa saat berdiskusi dengan calon pembimbing S3 di ITB.

Pada papawan selanjutnya, Dr. Inne menyampaikan bagaimana paradigma dalam melakukan penelitian di program Doktoral yang dituntut untuk memiliki berbagai ilmu dan keterampilan menggunakan tools atau alat bantu penelitian seperti Mendeley, beberapa pemnyimpanan data dengan sistem cloud. Pada paparan mendalam Dr. Inne menjelaskan, pentingnya mengelola konsistensi sebagai mahasiswa S3, beberapa permasalahan yang bisa muncul disebabkan kecemasan yang mungkin timbul dari permasalahan kehidupan yang dapat berujung pada proses penyelesaian program doktor, tetapi hal ini dapat diatasi dengan keyakinan bahwa berdo’a dan berusaha keras akan menyelesaikan program doktoral tersebut.

Diakhir acara, para Dosen dari Akademi Telkom Jakarta, Universitas Telkom, IT Telkom Purwokerto, IT Telkom Surayaba dan beberapa pergururan Tinggi di Jakarta begitu antusias dan berdiskusi dan sharing dengan Dr. Inne. Salah satu yang meng-insight para Dosen adalah, harapan mereka untuk dapat berkuliah di program Doktor di ITB atau UI jika tidak kuliah program doktoral di luar negeri. Program S3 di ITB dan UI memungkin mahasiswa dapat memperolah progam Sandwich Dikti, dimana para mahasiswa dapat kuliah di Perguruan Tinggi Luar Negeri dalam beberapa waktu tertentu untuk mengerjakan penelitian. Terimakasih Bu Dr. Inne atas sharing ilmunya .

Kontak Kami
Akademi Telkom Jakarta
©2020, Akademi Telkom Jakarta.
Kontak
+62(21)5451697
+6281382334009
sekretariat@akademitelkom.ac.id
FacebookYoutubeInstagram
Lokasi Kampus
Jalan Daan Mogot KM.11, RT.1/RW.4, Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11710
Buka Map