UI Green Metric 2020
16 November 2020 6:44

UI Green Metric merupakan sebuah program yang diadakan kepada universitas untuk menilai berdasarkan komitmen dan tindakan universitas terhadap pemberdayaan lingkungan disekitar kampusnya. Program ini dibuat oleh universitas yang berada di Indonesia yaitu Universitas Indonesia, yang diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc., M.M. dan diikuti oleh 780 partisipan pada tahun 2019 mulai dari universitas nasional maupun internasional. Universitas yang ikut berpartisipasi dalam program ini akan diberikan sebuah form pertanyaan atau sebuah pernyataan terkait dengan pemberdayaan lingkungan kampus tersebut yang akan dikirim secara berkala selama program tersebut, dan akan dipublikasikan setiap setahun sekali dengan sebuah peringkat kampus terbaik. Nah pada tahun 2020 ini UI Green Metric mengangkat tema yang berjudul “Universities’ Responsibility for Sustainable Development Goals and World’s Complex Challenges”. Tema ini menitikberatkan kepada usaha universitas bersama mitra berkaitan dengan isu keberlanjutan. Kami akan melihat lebih jauh kemitraan universitas untuk memperbaiki keberlanjutan kampus, tujuan tersebut diantaranya adalah :

• Berkontribusi dalam wacana berkelanjutan dalam bidang pendidikan dan penghijauan kampus

• Mempromosikan universitas sebagai agen perubahan sosial berkaitan dengan tujuan-tujuan berkelanjutan

• Menjadi alat penilaian diri tentang keberlanjutan kampus untuk Institusi Pendidikan Tinggi di seluruh dunia

• Menginformasikan kepada pemerintah, badan lingkungan setempat dan international serta masyarakat tentang program-program berkelanjutan di kampus.

Namun mengingat masih ada beberapa kendala terkait pelaksanaan program ini, salah satunya ialah wabah Covid-19, kegiatan pun masih tetap berlanjut ditengah pandemi dengan beberapa lokarya yang diadakan dan webinar yang berhasil dilakukan secara online baik di skala Nasional maupun Internasional. Beberapa kategori dan bobot poin yang digunakan pada tahun ini adalah sebagai berikut :

Pada tahun 2019 Akademi Telkom Jakarta berpartisipasi dalam program penilaian tersebut, dan pada tahun ini Kampus kami akan mengikuti lagi program tersebut dengan mensubmit beberapa lampiran yang dibutuhkan pada tanggal 31 Oktober 2020, dan akan diumumkan hasilnya pada bulan desember 2020, dengan berharap akan ada peningkatan pada peringkat.

Kontak Kami
Akademi Telkom Jakarta
©2020, Akademi Telkom Jakarta.
Kontak
+62(21)5451697
+6281382334009
sekretariat@akademitelkom.ac.id
FacebookYoutubeInstagram
Lokasi Kampus
Jalan Daan Mogot KM.11, RT.1/RW.4, Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11710
Buka Map