Tim Innovillage DDL on Site Desa Bantarujeg Minggu ke 4
15 Desember 2020 9:17

Kegiatan pada minggu ke 4 yang merupakan kegiatan terakhir kelompok “Dynamic Digital Learning” ini membahas sedikit kembali kegiatan-kegiatan pada minggu sebelumnya, mulai dari minggu ke 1 dari mulai perjalanan dari Jakarta menuju ke Desa Bantarujeg, kabupaten Majalengka dimana sesampainya disana tim melakukan observasi dan juga sambutan yang diberikan oleh Dosen Pembimbing tim yaitu pak Ade Rahmat Iskandar, S.Kom, MT dan juga perkenalan oleh anggota tim oleh Aditya Bagus Putra Erlangga sebagai ketua tim, Fajar Dwi Sulistyo, dan Bowie Bintang Pamungkas. Minggu ke 2 melakukan sosialisasi dan pembelajaran kepada guru-guru mulai dari SMPN 1 Bantarujeg, SMK Al Farizi, SMAN 1 Bantarujeg, dan MPS Nurul Hikam. Pembelajaran dilakukan dengan mendatangi masing-masing sekolah setiap 1 hari sekali dikarenakan saat pertemuan yang diadakan sebelumnya ternyata kendala jaringan kurang stabil di daerah tersebut. Lalu di minggu ke 3 ini fokus pada pembuatan Website untuk balai desa Bantarujeg.

Pada minggu ke 4 ini juga bertepatan dengan Hari Guru Nasional pada 25 November 2020 sehingga tim melakukan pendakian ke Gunung Ceremai yang terletak di Kabupaten Majalengka sebagao bentuk penghormatan terdahap peringatan hari guru nasional tersebut. Fokus pada kegiatan yang sebenarnya dilakukan oleh tim, diantaranya Pembuatan sertifikat yang akan diberikan kepada Guru yang ada di desa tersebut, Pembuatan absensi secara digital, Penyerahan Website Desa Bantarujeg yang diserahkan kepada pak Rudi seorang ahli IT di desa tersebut, serta Pembuatan LMS (Learning Management System) yang dibuat oleh pak Maimun, dosen dari Akademi Telkom Jakarta. Terdapat kendala pada pembuatan LMS yaitu miskomunikasi pada pembuatan LMS selesai pada minggu terakhir yang seharusnya pembuatan LMS itu selesai di minggu ke 2, dan LMS merupakan bidang yang cukup berat untuk diterapkan ke desa, jadi masih harus dipantau kegiatannya secara berkala agar para guru dapat menggunakannya dengan lancar.

Seperti halnya LMS, beberapa bidang juga harus dipantau terus kegiatannya walaupun project innovillgae yang dilakukan oleh tim telah berakhir, seperti Website pada balai desa Bantarujeg dikarenakan belum ada yang bisa dalam bidang pengelolaan website. Jadi solusi untuk masalah tersebut tim membuatkan tutorial untuk pemakaian LMS ini, dan yang lainnya adalah pembuatan panduan, tutorial untuk pembelajaran mengenai Digital Learning ini.

Kontak Kami Daftar Sekarang
Akademi Telkom Jakarta
©2020, Akademi Telkom Jakarta.
Kontak
+62(21)5451697
+6281382334009
sekretariat@akademitelkom.ac.id
FacebookYoutubeInstagram
Lokasi Kampus
Jalan Daan Mogot KM.11, RT.1/RW.4, Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11710
Buka Map

Jakarta, ID

Weather in Jakarta, ID

31°C

and rising

haze

Wind: 3.1 m/s Light breeze