DISKUSI WEBINAR MENGENAI PERAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN SMK DAN PENDIDIKAN VOKASI DI INDONESIA
22 Maret 2021 10:42

  Pada tanggal 10 Maret 2021, tepatnya di hari Rabu pukul 09.30, telah diadakan sharing diskusi yang terkupas dalam sebauh webinar yang berjudul Peran Teknologi (Termasuk Financial Technology) dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi. Tercatat sekitar 500 peserta tergabung dalam webinar ini, yang mana hal tersebut menunjukkan bahwa para peserta sangat antusias sekali untuk mengikuti diskusi mengenai toik yang akan dikupas tuntas nantinya di webinar.

            Acara webinar ini diselenggarakan secara online melalui zoom meeting yang mana para peserta harus mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui link yang sudah tertera di brosur webinar agar bias tergabung dalam zoom meeting webinarnya. Sebanyak 3 narasumber hadir dalam acara webinar kali ini, diantara yaitu yang pertama, ada Bapak Dr. Ir. M. Bakhrun, MM, yang merupakan Direktur Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, yang kedua, hadir juga Bapak Rahmat Budiyanto,  Direktur dari Operasi LinkAja, dan yang ketiga, Bapak Ir. Sindhu Aryanto, yang merupakan Ketua dari Yayasan Pendidikan Telkom.

            Dalam acara webinar yang diselenggarakan lewat zoom meeting ini, LinkAja berkomitmen untuk mendukung pendidikan di Indonesia, mengenai hal tersebut LinkAja membuka pintu selebar-lebarnya bagi semua pihak terutama dari Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI serta para pihak institusi apabila terdapat hal yang perlu atau dapat disinergikan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia, dimana dalam diskusi kali ini bertujuan untuk mencari solusi dari pendidikan yang ada di Indonesia. Salah satu hal penunjang dalam pendidikan di Indonesia yaitu seperti halnya pemanfaatan teknologi yang dibuat untuk mengatasi segala persoalan menenai kebutuhan manusia terkhususnya kebutuhan dalam hal pendidikan. Sebagai penunjang Pendidikan di Indonesia secara khusus Yayasan Pendidikan Telkom selalu berinovasi dan mendekatkan diri dari kebutuhan industry dengan kurikulum yang sudah ada seperti mengadakan festival sebagai pemacu kreatifitas dari para generasi muda. Dari pemaparan dari Pak Bakhrun juga bahwa SMK di Indonesia sekarang adalah lebih unggul dan bisa megikuti pendidikan berbasis digital saat ini, dalam hal ini SMK siap dalam hal infrastruktur, inflostruktur dan infrostruktur. Dalam perkembangannya, terutama di SMK Telkom dibuatkan aplikasi digital penunjang pendidikan saat ini, yaitu adanya Igracias yang berisi semua kebutuhan siswa dalam hal menunjang pendidikan di sekolahnya.

            Inti dari pembahasan webinar kali ini yaitu misi dari Pendidikan Vokasi sebagai kekuatan pendidikan dalam hal digital learning dan digital culture sesuai kurikulum yang tersedia kedepannya akan lebih dipersiapkan lebih optimal dalam hal infrastruktur, inflostruktu dan infrostruktur yang fokusnya masih ke bagian pengenalan mengenai digital komunikasi yang sedang dikembangkan. Di tengah pandemi yang sudah ada selama hampir 1 tahun lebih ini, sangat membuat syok para peniti pendidikan saat itu. Dari hal tersebut, dibutuhkan pendidikan yang tidak membuat bosan saat Kegiatan Belajar selama pandemi ini. Maka dari itu, diperlukan digitalisasi dalam hal pendidikan agar pemanfaatan juga optimal agar bias diterima dengan baik oleh para siswa SMK maupun mahasiswa di Pendidikan Vokasi.

Selanjutnya setelah sesi diskusi terdapat sesi foto bersama penandatangan mengenai kerjasama dalam pengembangan fungsi digitalisasi pembayaran Pendidikan Telkom melalui aplikasi LinkAja. Dari penandatanganan tersebut telah disepakati bahwa LinkAja bekerjasama dalam hal untuk mengoptimalkan proses pendidikan yang ada di Indonesia agar segala permasalahan pendidikan yang ada di Indonesia bias segera teratasi. Dan LinkAja membuka pintu selebar-lebarnya membuka pintu selebar-lebarnya bagi semua pihak terutama dari Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI serta para pihak institusi apabila terdapat hal yang perlu atau dapat disinergikan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia, dimana dalam diskusi kali ini bertujuan untuk mencari solusi dari pendidikan yang ada di Indonesia.

Dari Pendidikan Akademi Teknik Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta (Akademi Telkom Jakarta) sudah memanfaatkan Aplikasi LinkAja sebagai penunjang pendidikan di kawasan Akademi Telkom Jakarta dalam hal pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang sudah terdata di Kampus Akademi Telkom Jakarta. Hal tersebut sangat memudahkan para mahasiswa dalam membayar uang kuliah persemesternya yang tidak perlu repot-repot mengantri di Bank ataupun di ATM. Dari adanya aplikasi LinkAja yang digunakan sebagai penunjang pendidikan tersebut juga dapat meminimalisir bertemu dengan banyak orang karena kondisi pandemic yang belum bener-bener pulih sampai sekarang ini.

Kontak Kami Daftar Sekarang
Akademi Telkom Jakarta
©2020, Akademi Telkom Jakarta.
Kontak
+62(21)5451697
+6281382334009
sekretariat@akademitelkom.ac.id
FacebookYoutubeInstagram
Lokasi Kampus
Jalan Daan Mogot KM.11, RT.1/RW.4, Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11710
Buka Map

Jakarta, ID

Weather in Jakarta, ID

27°C

and rising

haze

Wind: 1.5 m/s Calm