Akademi Telkom Jakarta Raih Sertifikasi Layanan Pendidikan Berstandar Internasional Iso 21001:2018
7 April 2021 8:31

Akademi Telkom Jakarta terus melakukan peningkatan kualitas pendidikannya. Improvement mutu ini dilakukan demi memenuhi kebutuhan dari peserta didik maupun para stakeholder. Sebelumnya Akademi Telkom Jakarta mengadopsi ISO 9001:2015 dari tahun 2018 untuk sistem mutu pendidikannya dan pada tahun 2021 dilakukan perbaikan sistem manajemennya salah satunya dengan implementasi ISO 21001:2018 yang dikhususkan untuk organisasi Pendidikan. Substansi yang disasar dari implementasi ISO 21001:2018 ini diarahkan pada kepuasan peserta didik mulai dari pelayanan akademik, kualitas pembelajaran, pengalaman pembelajaran yang menyenangkan sampai dengan peningkatan skill lulusan agar bisa langsung diserap oleh dunia usaha dan dunia industri. Best practice di Akademi Telkom Jakarta terlihat dari manajemen sistem mutu Pendidikan yang diterapkan khususnya di Tridarma Perguruan tinggi. Pada darma Pendidikan penyusunan kurikulum telah dirumuskan melalui proses yang melibatkan dari berbagai pihak tentunya dengan tujuan agar lulusan benar-benar memiliki skill yang diperlukan. Sedangkan pada darma penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Akademi Telkom Jakarta pada prosesnya memiliki banyak skema yang diimplementasikan untuk menumbuhkembangkan minat penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat yang tepat guna. Selain itu best practice nya juga pada pelayanan kepada mahasiswa yang terus dilakukan perbaikan untuk pengalaman kuliah yang berkualitas dan juga menyenangkan.

Kegiatan Audit sertifikasi ini dilakukan secara daring oleh Bureau Veritas pada Januari lalu dan perbaikan dari NC (non-conformity) akhirnya Akademi Telkom Jakarta berhasil meraih Sertifikat ISO 21001:2018. Sertifikat ini diterbitkan pada 9 Maret 2021 dan berlaku selama tiga tahun serta dilakukan surveillance berkala tiap tahunnya. Prestasi yang diraih ini tentunya menjadi momen Institusi untuk lebih baik lagi dan menjadi perguruan tinggi yang dapat bersaing secara nasional maupun nasional. Terlebih lagi Akademi Telkom Jakarta akan segera bertransformasi menjadi Institut Teknologi Telkom Jakarta dengan penambahan lima program studi baru untuk S1. Tentunya dengan pelayanan yang lebih kompleks implementasi ISO khusus untuk Pendidikan ini menjadi sebuah keharusan.

Sertifikat ini diraih setelah melalui berbagai tahapan mulai dari gap analisis karena sebelumnya masih mengadopsi ISO 9001:2015 yang lebih General. Maka perlu dilihat kembali penerapan ISO ini secara menyeluruh. Selanjutnya dilakukan Awareness kepada seluruh dosen dan staf agar lebih memahami dan meningkatkan kepedulian terhadap mutu. Sebab mutu bukan hanya menjadi tanggung jawab unit Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) akan tetapi menjadi perhatian seluruh civitas academica. Setelah dilakukan Awareness barulah tahap menyiapkan dokumen khususnya informasi yang sudah terdokumentasi agar pelaksanaan audit secara daring tidak terdapat kendala secara teknis.

Kedepannya beyond the standard to improve quality of education system di Akademi Telkom Jakarta akan mengimplementasikan ISO 20000 dan 27001 untuk pelayanan dan keamanan sistem IT yang akan mulai pada tahun 2021 ini.

Kontak Kami Daftar Sekarang
Akademi Telkom Jakarta
©2020, Akademi Telkom Jakarta.
Kontak
+62(21)5451697
+6281382334009
sekretariat@akademitelkom.ac.id
FacebookYoutubeInstagram
Lokasi Kampus
Jalan Daan Mogot KM.11, RT.1/RW.4, Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11710
Buka Map

Jakarta, ID

Weather in Jakarta, ID

27°C

and rising

haze

Wind: 1.5 m/s Calm