Workshop persiapan implementasi ISO 20000 & ISO 27001
4 Mei 2021 10:47

Akademi Telkom Jakarta saat ini tengah fokus pada persiapan implementasi ISO 20000 IT Service Manajemen System yaitu standar yang diperuntukkan untuk manajemen teknologi informasi (TI) dan ISO 27001 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi yang membangun kesadaran terhadap pengelolaan aset intangible secara menyeluruh dan tetap melakukan continual improvement. ISO 20000 dan 27001 ini mengadopsi PDCA (Plan, Do, Check, Act) siklus prosesnya mirip dengan norma ISO lainnya, akan tetapi ada banyak hal yang memang khusus untuk pelayanan dan kemanan system informasinya. Karena bagaimanapun Informasi merupakan aset yang sangat penting bagi institusi apalagi memang Akademi Telkom Jakarta arah keahliannya pada bidang ICT. Maka dari itu dilakukan supervisi dari Yayassan Pendidikan Telkom selama dua hari pada Senin-Selasa/12-13 April 2021 di Kampus Akademi Telkom Jakarta. Tim Yayasan yang melakukan surpervisi dari VP Digital Transformation bapak Yanuar Firdaus Arie Wibowo dan Analyst IT Service Management bapak Dawam Dwi Jatmiko Suwawi. Agenda ini adalah bagian dari perencanaan strategis kolaborasi untuk peningkatan pelayanan baik Telkom Schools dan Telkom Campuses dengan standar Internasional. Peserta dari Akademi Telkom Jakarta adalah Jajaran Top Manajemen dan unit terkait khususnya unit yang berkaitan langsung dengan pelayanan mahasiswa.

Hari pertama diawali dengan penyamaan persepsi untuk scope yang menjadi proses untuk diterapkan ISO 2000. Setelah sebelumnya dipaparkan juga materi tentang Awareness ISO 20 dan 27. Barulah dilanjutkan dengan penyusunan dokumen servis katalog.

Lanjut di hari kedua bahasan lebih mendetail kepada dokumen servis katalog seperti deskripsi layanan, urutan proses, daftar layanan dan lain-lain.

Persiapan implementasi ini merupakan bentuk Komitmen Akademi Telkom Jakarta dan upaya meningkatkan daya saing. Meningkatkan citra perusahaan akan komitmennya terhadap kualitas layanan TI yang diberikan. Sebagaimana Akademi Telkom Jakarta Juga telah tersertifikasi ISO 21001:2018 tentang manajemen mutu untuk organisasi Pendidikan. Selain itu juga implementasi ISO 20k ini menunjukkan kemampuan akademi Telkom Jakarta dapat memberikan layanan yang memenuhi kebutuhan pengguna.

Walaupun demikian implementasi ISO ini memerlukan Kerja sama dari seluruh unit manajemen, karena membutuhkan effort yang besar dalam mencapai keberhasilannya. komitmen dari semua pihak khususnya civitas academica untuk sungguh-sungguh menerapkan sistem manajemen layanan TI. Degan ISO ini diharapkan dapat mengubah budaya kerja pegawai yang belum terbiasa dengan budaya kerja tercatat, terukur, terdokumentasi dan sesuai prosedur menjadi lebih rapi lagi. Akademi Telkom Jakarta kedepannya akan melakukan penyesuaian struktur organisasi manajemen layanan TI dan pemenuhan teknologi (fasilitas, sarana dan prasarana kerja).

Kontak Kami Daftar Sekarang
Akademi Telkom Jakarta
©2020, Akademi Telkom Jakarta.
Kontak
+62(21)5451697
+6281382334009
sekretariat@akademitelkom.ac.id
FacebookYoutubeInstagram
Lokasi Kampus
Jalan Daan Mogot KM.11, RT.1/RW.4, Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11710
Buka Map

Jakarta, ID

Weather in Jakarta, ID

31°C

and rising

haze

Wind: 3.1 m/s Light breeze