Profil LPPM

Profil

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM)

Akademi Telkom Jakarta

  1. Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) berfungsi mengkordinasikan dan mengelola strategi dan kebijakan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program kerja LPPM yang meliputi kegiatan penelitian,  publikasi ilmiah dan pengabdian masyarakat.
  2. Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) dipimpin oleh seorang Kepala Bagian yang dalam melaksanakan tugas bertanggung jawab kepada Wakil Rektor I.
  3. Kepala LPPM mempunyai tugas pokok :
  • Membuat perencanaan program Peneltian (internal dan eksternal) yang akan diimplementasikan;
  • Membuat perencanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat (Abdimas) yang akan dijalankan;
  • Mengkordinasikan pelaksanaan penelitian dengan kelompok Keahlian (KK) dan unit terkait;
  • Memimpin pelaksanaan program kerja penelitian dan Adbimas;
  • Menyelenggarakan publikasi penelitian dan pengabdian masyarakat;
  • Menentukan target dan evaluasi pelaksanan kegiatan penelitian;
  • Membuat laporan kegiatan dan performansi secara berkala kepada Wakil Rektor I
  1. Unsur pelaksana LPPM terdiri dari :
    • Kepala LPPM;
    • Staf LPPM
  1. Staf LPPM mempunyai Tugas Pokok :
    • Membantu Kepala Bagian LPPM dalam mengimplementasikan program penelitian
    • Membantu Kepala Bagian LPPM dalam mengimplementasikan program Abdimas
    • Membantu Kepala Bagian LPPM dalam mengimplementasikan publikasi penelitian
    • Membantu Kepala Bagian LPPM dalam pengelolaan media publikasi ilmiah Journal JICT, Jurnal Mahasiswa e-MIT, Jurnal Abdimas Akademi Telkom Jakarta
    • Bertanggung jawab kepada kepala Bagian LPPM.

  II. SOTK LPPM Akademi Telkom Jakarta

Gambar 1-1 SOTK LPPM Akademi Telkom Jakarta

Stuktur Organisasi di LPPM Akademi Telkom Jakarta, dimpimpin oleh seorang Kepala Bagian LPPM dan staf LPPM. Dalam menjalankan programnya Kepala Bagian LPPM bertangung Jawab kepada Wakil Direktur I Bidang Akademik. Selain itu, Kepala Bagian LPPM berkoordinasi dengan Ketua Kelompok Keahlian dan Kepala Progam Studi dalam mengimplementasikan program-program penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

III. Program kerja LPPM Tahun 2020

Dalam mengimplemntaikan Visi dan Misi LPPM perlu dituangkan dalam program kerja baik yang bersifat jangka pendek dalam satu tahun berjalan, maupun jangka panjang untuk rencana pencapaian dalam tiga sampai lima tahun mendatang. Berikut ini adalah program kerja LPPM di tahun 2020 :

Tabel 1-2 Program Kerja LPPM Tahun 2020

IV. Luaran Program Penelitian

Luaran penelitian adalah hasil dari penelitan yang dipublikasikan di media Ilmiah seperti Proceeding, Jurnal, Buku ber-SIBN, Book Chapter, baik yang berada dalam lingkup Nasional maupun Internasional. Selain itu terdapat jenis penelitan berupa produk yang dihasilkan dari para Dosen Akademi Telkom dalam bentuk produk.

A.Luaran Penelitan di tahun 2019 dalam bentuk grafik :

Pada tahun 2019, Akademi Telkom sudah mempublikasikan sebanyak 68% dalam publikasi ilmiah, beberapa luaran tersebut adalah sebanyak 17 paper yang dipublikasikan di Jurnal nasional, Proceeding Nasional dan International Terindeks Scopus dan IEEE. Riset Internal sebanyak 8% dan Riset Eksternal sebanyak 16%. Di tahun 2019 Riset Ekternal diajukan dalam Hibah DIKTI tahun 2019 dan Pendanaan tahun 2020, dari hasil pengajuan profosal, satu profosal hibah Penelitian Dosen Pemula Lolos dan mendapat pendanaan hibah PDP Tahun pendanaan 2020. Untuk Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) tahun 2019 sebesar 8% atau terdapat dua HAKI yang dihasilkan. Selain penelitan yan dihasilkan Para Dosen atau Peneliti Akademi Telkom, mahasiswa pun di Akademi Telkom mempublikasikan hasil penelitian dari Proyek Akhir yang dikonversi kedalam bentuk paper selanjutnya dipresentasikan dalam event Seminar Nasional CENTIS 2019, dari hasil seminar CENTIS sudah dipublikasikan paper mahasiswa sebanyak 17 paper.  Berikut adalah URL OJS Jurnal JICT dan e-MIT (Jurnal Mahasiswa Akademi Telkom) :

B. Luaran Penelitan di Tahun 2020 dalam bentuk grafik (on Going)

Pada tahun 2020 Akademi Telkom semakin meningkatkan performa dalam berbagai bidang termasuk LPPM dalam meningkatkan program-program penelitian dan pengabdian masyarakat. Beberapa program untuk memberikan pelatihan dalam bentuk workshop dan pelatihan lain digulirkan ditahun 2020 ini, perhatikan pada Tabel 1-2 Program kerja Tahun 2020.  Di awal tahun 2020 Akademi Telkom Jakarta sudah menjalankan program-program sesuai dengan program yang ditentukan.

Di awal tahun 2020 Akademi Telkom mempublikasikan on going sebanyak 22% dalam publikasi ilmiah, beberapa luaran tersebut adalah sebanyak paper yang dipublikasikan di Proceeding Nasional dan on progress di international journal terindeks Scopus. Riset Internal sebanyak 22% dan Riset Eksternal sebanyak 33%. Riset Internal diberikan dalam program pendanaan Penelitian Dosen Internal atau Hibah Dosen Internal. Riset Eksternal yang dilakukan oleh Dosen/Peneliti Akademi Telkom adalah dalam pengembangan Inovasi di Telkom Group dalam program “IDEATE”. Profosal dari Tim “ROSA” Akademi Telkom Jakarta berhasil masuk dalam 150 besar IDEATE dari 750 Ide yang masuk tahun 2020.

Pada Maret 2020, seiring dengan pandemi Covid-19, banyak program-program LPPM maupun bidang lainnya yang mengalami kendala untuk dikoordinasi secara tatap muka. Akdemi Telkom sebagai institusi pindidkan dengan platform ICT yang kuat dibawah Telkom Indonesia tetap mengimplementasikan beberapa program secara daring, berikut ini adalah beberapa program Abdimas sebagai pengganti Abdimas desa Binaan “Purwakarta” :

  1. Webinar Online “Keprodian – LPPM” : sudah menjalankan 6 series dari Tanggal 17 April s.d 15 Mei 2020
  2. Adbimas Tanggap Covid-19 on the spot(dengan protap Covid-19) :
    1. Pembagian Sembako lebih dari 100 KK,
    2. Pembagian 500 Masker warga Tanah baru Depok,
    3. Pembagian handsanitizerAkatel
    4. Pembuatan “Hand Sanitizer Berbasis Sensor” : sudah diimplementasikan di Rumah Sakit Umum Daerah Tangerang, Bogor dan Akademi Telkom Jakarta.
  3. Webinar Online “Wireless Series-1” : sudah menjalankan 5 series dari Tanggal 6 Mei s.d 10 Juni 2020 Untuk Para siswa SMK/SMA/ MAN di Indonesia
  4. Webinar Online bekerjsama dengan SUDIN Jakarta Barat “Media Pembelajaran Digital Bagi Guru di Jakarta” : dari tanggal 4 Juni s.d 25 Juni 2020. Diikuti oleh 324 Peserta dari para Guru SMK/SMA/MTS di Jakarta.

Di tahun 2020 ini, meskipun masih berada dalam pandemi covid-19, LPPM Akademi Telkom berusaha melakukan yang terbaik dalam merencanakan dan mengimplentasikan program-program penelitan. Berikut ini adal prioritas penelitan di Tahun 2020 :

  1. Praktikal Research antara Dosen dan Mahasiswa Akademi Telkom untuk dipublikasikan di Jurnal e-MIT Akademi Telkom Jakarta
  2. Conference on Electronic and Information Society(CENTIS 2020) yang dilaksanakan secara daring atau tatap muka terbatas di bulan November 2020. Publikasi 16 Dosen Akademi Telkom di Jurnal Informatics and Information Society (JICT).
  3. Kerjasama Penelitian (colaboration research) dengan Telkom university, Institut Teknologi Telkom Purwokerto dan Institut Teknologi Telkom Surabaya.
  4. Kerjasama penelitan dan Adbimas dengan Telkom Group
  5. Kerjsama Penelitian dan Abimas dengan SKPD DKI Jakarta.
  6. Kerjasama Penelitian Luar Negeri dengan UTHM yang sudah berjalan sejak tahun 2019 dan sudah mempublikasikan beberapa luaran publikasi ilmiah.
  7. Kerjasama Penelitian Luar Negeri dengan USM dan UTM Malaysia (on progress)
× Kontak Kami